Marketing/Pemasaran adalah sebuah propesi yang berkaitan dengan dunia industri , yaitu melakukan pemasaran barang dan jasa .
hal-hal yang harus dilakukan dalam pemasaran yaitu seperti mendisplay barang , melakukan promosi dan sebagainya .untuk melakukan sebuah promosi seseorang harus pintar dalam menawarkan produk dan harus pintar dalam berbicara , bisa menarik minat konumen untuk bisa membeli produk yang kita tawarkan .
Dalam melayani konsumen kita harus memperhatikan konsep pelayanan prima yaitu A3
* Attention yaitu kita harus bisa memberikan perhatikan kepada konsumen yang akan kita layani
* Attitude yaitu kita harus memiliki sikap yang baik untuk konsumen , seperti mengucapkan selamat
pagi/siang
* Action yaitu kita bantu konsumen yang sedang memilih barang yang kita jual , seperti menanyakan apa
yang dia butuhkan , dan kita harus memenuhi segala kebutuhkan yang dia butuhkan .
dalam melayani konsumen sebagai pramuniaga harus bisa menciptakan suasana yang menyenangkan , pelayanan yang baik dan harus memenuhi segala kebutuhan yang dibutuhkan konsumen sehingga konsumen merasa nyaman saat berbelanja .dan mereka akan merasa puas apaila pelayanan yang kita berikan sangat baik.
sebagai seorang pramuniaga kita harus mengetahui tipe-tipe pelanggan dan harus tahu bagaimana cara menanganinya, sehingga apabila saat melayani konsumen kita menemui pelanggan pramuniaga tersebut bisa menanganinya.
pelayanan prima sangat mempengaruhi pada kepuasan konsumen , jadi pelayanan yang kita berikan harus baik , agar konsumen merasa nyaman , merasa d hargai dan merasa di perdulikan ,sehingga nantinya konsumen akan senang berbelanja di toko kita . karena memang pelayanannya yang sangat baik dan tidak akan merasa kecewa .
dan akhirnya perusahaanpun tidak akan rugi , karena apabila pelayanan ditokonya baik akan menarik konsumen untuk tetap berbelanja ditoko kita.
citra perusahaan akan baik apabila pelayanan ditokonya menyenangkan ,
selain pelayanan prima , suasana toko yang menyenangkan , cara pendisplayan pun sangat mempengaruhi .
apabila barang pajangan tidak ditata dengan baik atau tidak sesuai dengan tempatnya
konsumen pun akan merasa kesulitan dalam mencari barang .
jadi dalam melakukan pendisplayan barang, barang harus ditempatkan sesuai dengan pajangan , barang pajangan harus ditata dengan rapi sesuai bentuk dan ukuran .
barang pajangan yang ditata dengan rapih akan memudahkan konsumen dalam pembelian barang , dan akan mempermudah proses transaksi sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama dalam berbelanja .
Dalam pemasaran ada surat-surat untuk memesan barang yaitu :
surat pemesanan barang
faktur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar